Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Naik Lagi, Ini Komentar Jusuf Kalla

Kompas.com - 29/03/2015, 13:03 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengeluhkan orang Indonesia yang kerap reaktif terhadap kebijakan pemerintah, termasuk mengenai kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Di Indonesia, apa saja orang protes. Naik sedikit, diprotes," ujar Kalla di Jakarta, Minggu (29/3/2015).

Kalla mengatakan, kebijakan yang diambil oleh pemerintah, termasuk menaikkan harga BBM, ialah untuk memperbaiki infrastruktur di Indonesia, misalnya, sebut dia, untuk memperbaiki jalanan yang rusak dan memberi pendidikan yang layak untuk anak-anak. Lagi pula, kata Kalla, kendati harga BBM naik, biaya subsidinya tetap. "Apa pun keadaannya, subsidinya tetap," kata Kalla.

Kalla membantah bahwa harga BBM yang terus naik membingungkan masyarakat. "Saya rasa enggak (membingungkan). Pertamax kan juga begitu," kata Kalla.

Sebelumnya, pemerintah menaikkan harga solar dan premium untuk wilayah penugasan luar Pulau Jawa, Pulau Madura, dan Pulau Bali (Jamali) Rp 500 per liter dari harga lama. Pelaksana Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmadja Puja mengatakan, harga solar naik menjadi Rp 6.900 per liter dari Rp 6.400 per liter.

Harga premium di wilayah penugasan ialah Rp 7.300 per liter. Adapun harga premium untuk wilayah Jawa, Madura, dan Bali menjadi Rp 7.400 per liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com