Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Laku Pandai OJK Bisa Raup Dana Rp 300 Triliun

Kompas.com - 30/03/2015, 09:50 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis


MEDAN, KOMPAS.com - Program Layanan Keuangan Tanpa Cabang dalam rangka Keuangan Inklusi (Laku Pandai) yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diproyeksikan mampu menarik dana sebesar Rp 200 triliun-Rp 300 triliun dari masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Komisioner OJK Nelson Tampubolon mengatakan, dana yang dikelola itu diharapkan nantinya bisa disalurkan dalam bentuk kredit di daerah setempat. Selama ini, dana tersebut masih tersimpan di rumah-rumah sehingga kurang maksimal untuk menopang perekonomian.

"Untuk tahap pertama adalah program tabungan, dan setelah itu digagas loan," jelasnya.

Program ini juga akan mendorong kapasitas kredit perbankan karena pertambahan Dana Pihak Ketiga (DPK). "Yang pasti, bank harus investasi dulu untuk program ini dan baru pada tahun kedua akan mencatat kan untung," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur BTPN Djemi Suhendra mengatakan melalui BTPN WOW, perseroan menjalankan program LAKU PANDAI OJK. Pada tahun pertama hingga ketiga, kemungkinan BTPN masih mencatatkan kerugian, dan baru pada tahun keempat akan mencatatkan break event point (BEP).

"Nilai investasinya cukup besar, ratusan miliar. Lebih banyak dialokasikan untuk investasi SDM, kalau untuk IT tidak begitu besar," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com