Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Virtual Organization", Kolaborasi Kerja Tanpa Batasan Ruang!

Kompas.com - 30/03/2015, 11:08 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Perubahan tren gaya hidup serba instan, serta aktivitas yang semakin cepat menuntut segala sesuatunya menjadi lebih fleksibel. Lalu, bagaimana mengatur waktu kerja dan bergaul menjadi lebih efisien? Mungkinkah konsep virtual organization menawarkan solusi?

Virtual organization merupakan sekelompok grup, orang, atau institusi dengan beberapa tujuan yang sama melakukan sharing sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebetulnya, hal itu sama saja dengan definisi organisasi. Hanya, di dunia virtual konsep tersebut lebih memanfaatkan media internet dan gadget sebagai perantara untuk melakukan aktivitas dalam organisasi tersebut.

Hal itulah yang menawarkan tren baru dalam aktivitas bisnis dan bersosialisasi tanpa batas. Pasalnya, dunia virtual memiliki waktu lebih fleksibel untuk berinovasi menuju hasil bisnis yang lebih kreatif.

Virtual organization memang relevan dengan budaya zaman modern saat ini. Banyak para pelaku bisnis, seperti IT Developer (pengembang teknologi informasi), mbentuk virtual organization.

Pengembang TI dari berbagai negara saat ini dapat berkolaborasi mengerjakan suatu proyek dengan bantuan teknologi. Melalui sisten kerja ini, aplikasi dari berbagai developer di Indonesia dan seluruh dunia dapat disinergikan tanpa harus memiliki bangunan yang disewa sebagai tempat menjalankan segala aktivitas. Dengan demikian, proses kreatif dan inovasinya menjadi lebih bebas dengan biaya relatif lebih ekonomis.

Salah satu contoh perusahaan yang sukses menerapkan sistem ini adalah Basecamp, sebuah perusahaan perangkat lunak berbasis di Chicago, Amerika Serikat. Namun, sebagian besar karyawannya tersebar di 26 kota di berbagai belahan dunia. Karyawannya mempunyai latar belakang bervariasi, mulai desainer, programmer, penulis, engineer, fotografer, hingga musisi.

Perusahaan tersebut didirikan pada 1999 oleh Jason Fried, yang semula hanya menawarkan jasa desain web. Pada 2006, mereka mendapatkan investasi dari miliarder teknologi Jeff Bezos.

Hanya dengan bantuan gadget, seperti smartphone, PC, notebook, dan lainnya semua aktivitas lewat dunia virtual bisa terkoneksi dengan mudah. Tak ada lagi batasan perbedaan waktu dalam berinovasi secara serentak meski terpisah jarak benua.

Shutterstock Smartphone menjadi pilihan utama setiap orang untuk terkoneksi langsung didunia virtual.
Smartphone

Smartphone atau ponsel cerdas menjadi salah satu pilihan utama untuk menunjang aktivitas virtual organization. Kemudahan dalam berbagi gambar, video, dokumen, serta kemampuan multi tasking-nya memudahkan koneksi bagi para pelakunya. 

Samsung Galaxy Note Edge, milsanya. Sebagai salah satu smartphone terbaru dari keluarga Galaxy Series, smartphone ini didesain untuk para pebisnis yang memiliki mobilitas tinggi dan jadwal padat.

Layarnya yang melengkung di sisi kanan menjadi karakter khas bagi Galaxy Note Edge untuk memberi kemudahan melihat meeting reminders atau notifikasi email tanpa harus membuka layar secara penuh.

Kecepatan tinggi saat terkoneksi di dunia maya untuk bertukar data, foto ataupun video, dengan prosesor Octra Core yang dilengkapi RAM 3GB juga sangat membantu dalam berkolaborasi dengan rekan kerja. Dengan demikian, pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat.

Sementara itu, layarnya yang berukuran 5.6 inci beresolusi Quad HD Super AMOLED juga ditujukan untuk memberikan ruang baca yang optimal bagi penggunanya. Apapun yang tampil di layar menjadi lebih nyaman dibaca dan dilihat.

Baca juga: Tren "Virtual Office", Bekerja Lebih Bebas Tanpa Batas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com