Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Beras Naik Rp 500 Per Kg Pasca-kenaikan Harga BBM

Kompas.com - 31/03/2015, 14:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
- Pasca-kenaikan BBM pekan lalu, harga beras ikut naik Rp 500 per kilogram (kg). Harga beras medium di pasar mencapai Rp 9.000 per kg.

Sementara itu, harga beras premium telah mencapai Rp 11.000 per kg. Kondisi ini berbanding terbalik dengan klaim pemerintah yang akan menjaga harga beras karena produksi padi yang melimpah pada Maret ini.

Abdullah Mansuri, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI), mengatakan, harga beras pada Sabtu pagi pekan lalu langsung naik karena sentiment kenaikan ongkos distribusi. Kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga menjelang puasa, jika pemerintah belum mulai mencicil penyaluran distribusi beras ke seluruh daerah di Indonesia.

"Kalau ini dibiarkan bukan tidak mungkin harga beras akan naik lagi hingga 30 persen sampai Lebaran," kata Mansuri, Selasa (31/3).

Oleh sebab itu, Mansuri menyarankan pemerintah mulai memberikan subsidi BBM untuk distribusi bahan pokok ke seluruh daerah sejak sekarang. Plus, melakukan operasi pasar setiap bulannya.

Pantauan harga di Kementerian Perdagangan, beras medium hari ini harganya Rp 10.113 per kg, lebih murah dibandingkan hari sebelumnya sebesar Rp 10.109 per kg. (Mona Tobing)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com