Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panasonic Incar Pertumbuhan Penjualan Segmen Korporasi 140 Persen

Kompas.com - 02/04/2015, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Panasonic mengincar pertumbuhan penjualan piranti dari segmen business solution atau business to business (B2B) sebesar 140 persen pada tahun ini, seiring dengan makin membesarnya kebutuhan berbagai piranti elektronik dari segmen korporasi.

Associate Executive Director PT Panasonic Gobel Indonesia Heru Santoso menuturkan beberapa sektor industri yang menjadi pangsa pasar terbesar bagi perseroan untuk segmen business solution adalah developer, pemerintahan, sektor keuangan, hospitality dan retail.

"Segmen lainnya adalah pendidikan. Beberapa produk yang kami tawarkan untuk sektor-sektor tersebut adalah perangkat keamanan, infrastruktur, perangkat perkantoran, lighting solution dan energy solution," ujarnya Kamis (2/4/2015).

Panasonic cukup optimistis dengan pengembangan produk B2B, menyusul bergeliatnya berbagai perusahaan di Indonesia. Bahkan pada 2018, perusahaan ini menargetkan bisa mencatatkan pertumbuhan penjualan hingga 500 persen.

Untuk mendukung bisnis B2B, Panasonic membangun ruang pamer atau showroom yang khusus melayani segmen korporasi. Dalam showroom yang berada di Cawang ini, dipamerkan berbagai produk elektronik untuk segmen tersebut.

Heru beralasan, pembangunan showroom tidak di pusat bisnis dan perbelanjaan lantaran segmen yang disasar sagat spesifik. "Untuk bisa mengunjungi ruang pamer, customer harus janjian terlebih dulu. Nanti para konsumen akan didampingi staf yang akan memberikan informasi detail mengenai produk yang ingin dibeli. Ini berbeda dengan konsumen ritel," jelasnya.

Sejauh ini, sebagian besar produk solusi bisnis Panasonic masih dibuat oleh pabrik negara lain seperti Thailand, China dan sebagainya. "Nanti setelah pasarnya mulai berkembang, bukan tidak mungkin produk-produk tersebut dibuat di Indonesia," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com