Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gali Potensi Mikro, Danamon Tingkatkan Pemahaman Nasabah UMKM

Kompas.com - 06/04/2015, 14:19 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Senior Vice President PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk, Ketut Wijaya mengatakan saat ini tingkat pemahaman sektor unit mikro kecil menengah (UMKM) terhadap produk-produk pembiayaan perbankan masih rendah.

Menurut dia, dengan pemahaman minim, nasabah hanya akan jadi obyek tenaga pemasar. "Pengertian manfaat aset belum banyak yang ngerti, rumah atau motor tidak diurus. Akhirnya terjebak tenaga penjual yang maunya short term saja, kejar target tapi tidak produktif dalam jangka panjang," jelas Ketut kepada Kompas.com dalam acara CEO Forum oleh Onein20 Movement (Pro Indonesia) di Balai Kartini, Jakarta, Senin (6/4/2015).

Menurut Ketut, wirausahawan UMKM perlu memperhatikan kredibilitasnya sebagai nasabah dari perbankan. Pasalnya, kata dia, dalam dunia perbankan aspek kredibilitas menjadi salah satu pertimbangan bank dalam memberikan pinjaman.

"Bagaimana mereka menjaga kredibilitas mereka sebagai calon peminjam atau pengguna produk lending. Kami (perbankan) melihat dari kedisiplinan mereka menyisihkan keuntungan usaha untuk ditabung," kata Ketut.

Untuk itu, Bank Danamon melakukan program edukasi kepada tenaga pemasarnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Menurut dia, tenaga pemasar tersebut yelah diberikan pelatihan oleh mentor-mentor bisnis mengenai UMKM dan kewirausahaan.

"Saat ini kita punya 6.000 tenaga pemasar di lebih dari 830 unit, tersebar di 34 provinsi. Mereka melalui tenaga bisnis mentor sejumlah 16 orang kita didik secara bertahap di daerah masing-masing. Supaya mereka lebih jeli lihat masalah-masalah kewirausahaan pada debiturnya," tutur Ketut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com