Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Tegur KAI soal Jalur KA Jakarta Kota-Tanjung Priok

Kompas.com - 14/04/2015, 19:23 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegur PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI lantaran banyak komponen-komponen alat persinyalan di jalur KA dari Stasiun Kota ke Tanjung Priok yang dipindahkan. Akibatnya, sampai saat ini KRL belum bisa melintas meski jalurnya sudah tersedia. "Relnya sudah jadi, cuma itu persinyalannya apanya itu komponen-komponennya banyak yang dipindahkan karena terlalu lama, mungkin rusak lalu dipindah-pindahkan. Nah itu yang saya cari, saya sudah tegur itu KAI," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko di Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Sebenarnya tanpa sinyal kata dia operasional KA bisa saja dijalankan. Namun, karena aspek keselamatan, KAI, kata Hermanto tak mau menggunakan jalur tersebut. Menurut Hermanto, apabila Kemenhub sudah mendapatkan beberapa komponen alat persinyalan tersebut, jalur Jakarta Kota-Tanjung Priok akan langsung dioperasikan. "Saya sudah suruh cari KAI (komponen alat persinyalan itu), mudah-mudahan dapatnya cepat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com