Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Tiket Lebaran, Situs Web PT KAI Diakses 28.000 Pengunjung Per Detik

Kompas.com - 21/04/2015, 15:48 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Penjualan tiket kereta api mulai keberangkatan H-7 Lebaran yang dibuka sejak 11 April 2015 lalu membetot minat masyarakat untuk memanfaatkan moda transportasi itu.

Berdasarkan data PT KAI, besarnya minat itu terlihat dari jumlah users yang masuk ke sistem online ticketing KAI, yaitu sebanyak 28.000 pengunjung per detik. Akibatnya, sistem pemesanan tiket pun sempat membuat antre masyarakat yang hendak melakukan pembelian secara online.

"Dalam waktu bersamaan, pada detik yang sama, ada 28.000 (users) yang mengakses, akhirnya mereka antre, jadi kami sarankan dan tunggu," ujar Direktur Personalia Umum dan IT PT KAI, Kuncoro Wibowo, saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Untuk mengantisipasi terulangnya hal itu, KAI pun melakukan penambahan bandwidth dari 120 Mbps menjadi 260 Mbps pada pembukaan pemesanan tiket H-3 Lebaran. Selain itu, KAI juga menambah server untuk aplikasi KAI Access dari tiga server menjadi tujuh server.

Sementara server untuk web KAI, yaitu tiket.kereta-api.co.id, juga ditambah dari 6 menjadi 12 server. Hingga pembukaan pemesanan tiket hari kedua Lebaran atau H+2 yang jatuh pada 20 April 2015 kemarin, tercatat sudah 397.815 tiket yang terjual.

Tingkat penjulan tiket tertinggi terjadi pada 16 April 2015, yaitu tiket H-2 Lebaran. Sementara itu, terkait sisa tiket pada hari itu yang tersisa mayoritas tiket arus balik, sampai hari ini ada 45.245 tiket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com