Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PU Pastikan Tol Cikopo-Palimanan Selesai Sebelum Lebaran

Kompas.com - 25/04/2015, 16:11 WIB
Abba Gabrillin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan Jalan Tol Cikopo-Palimanan dapat digunakan pemudik Lebaran pada tahun ini. Basuki mengklaim pengoperasian tol tersebut dapat mencegah kemacetan lalu lintas pada musim Lebaran.

"Jalan tol yang termasuk dalam program khusus Cikopo-Palimanan akan selesai pada pertengahan Mei. Saya pastikan sebelum puasa, tol sudah bisa kita manfaatkan," ujar Basuki dalam diskusi Teras Kita di FX Senayan, Jakarta, Sabtu (25/4/2015).

Basuki mengatakan, proyek pembangunan Tol Cikopo-Palimanan yang diperkirakan selesai pada pertengahan Mei hingga Juni 2015 tersebut bertujuan untuk memecah masalah kemacetan yang kerap kali terjadi saat Lebaran.

Menurut Basuki, pembangunan telah memperhitungkan pertumbuhan jumlah kendaraan di Jakarta. Dia menjelaskan, tol alternatif dari pantura hingga Brebes tersebut memiliki daya tampung sekitar 50 persen dari jumlah kendaraan yang melalui arus mudik.

"Bayangkan kalau tol tidak ada, sementara jumlah kendaraan terus meningkat, apa yang akan terjadi?" kata Basuki.

Selain itu, menurut dia, Kementerian PU juga akan menyelesaikan Jalan Tol Pejagan-Brebes. Jika memang layak operasi, rencananya ruas tol tersebut juga bisa dilalui saat terjadi peningkatan arus mudik.

Selain memperlancar arus lalu lintas, kata Basuki, tol yang segera selesai dibangun itu juga dapat memperpendek jarak tempuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com