Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahan Juga Lihat Penampilan Pelamar...

Kompas.com - 26/04/2015, 07:20 WIB
Aldo Fenalosa

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya pengalaman dan akademik yang mempengaruhi seseorang untuk diterima kerja di sebuah perusahaan. Menurut manajer Kompas Karier Fair, berpenampilan yang menarik juga menjadi hal yang dipertimbangkan perusahaan saat merekrut calon pegawai dari gelaran bursa kerja.

"Awalnya banyak yang cuek dengan penampilan mereka saat mencari pekerjaan di job fair. Padahal meski di job fair, penampilan para pelamar juga dilihat oleh perusahaan," beber Naomi disela-sela gelaran Kompas Karier Fair (KKF) pada Sabtu (25/4/2015).

Maka dalam KKF yang digelar selama 2 hari sejak Jumat (24/4/2015) di Balai Kartini, tiap peserta pencari kerja harus datang berpakaian rapi bak pekerja kantoran.

Kriteria kerapian itu juga sengaja menjadi ketentuan KKF agar mendorong pencari kerja mulai terbiasa memperhatikan penampilan mereka saat bekerja.

"Manner, good looking, itu harus ada. Makanya kita minta mereka yang datang untuk berkemeja atau pakaian yang formal. Kita bahkan juga kompetisikan penampilan siapa yang paling siap untuk dunia kerja," sebut Naomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com