Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Sejahtera ke Indonesia Timur

Kompas.com - 27/04/2015, 20:17 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Program Pasar Sejahtera (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) dari Yayasan Danamon Peduli kini merambah pasar di Indonesia bagian timur. Danamon pun memilih Pasar Lambocca, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan sebagai tempat terselenggaranya program tersebut. ”Pasar Tradisional Lambocca di Kabupaten Bantaeng ini terpilih sebagai salah satu lokasi Program Pasar Sejahtera setelah dilakukan penilaian terhadap delapan pasar di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan" kata Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli Restu Pratiwi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Senin (27/4/2015).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa masuknya program Pasar Sejahtera ke Indonesia bagian timur karena keberadaan bisnis Danamon dan Adira. PT Bank Danamon Indonesia, Tbk dan PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk merupakan dua perusahaan yang mendirikan Yayasan Danamon Peduli pada 2006 silam. Selain alasan tersebut, Danamon Peduli juga menilai kondisi pasar dan menilai keseriusan serta komitmen Pemerintah Daerah terhadap pasar tradisional atau pasar rakyat. "Sebagai bentuk apresiasi kami kepada masyarakat, apa yang sudah kami terima sudah sepantasnya kami kembalikan kepada masyarakat melalui  tanggung jawab sosial perusahaan,” kata dia.

Sejak 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar Sejahtera sebagai investasi sosial perusahaan dengan fokus pelaksanaan pada empat komponen kegiatan, yaitu: (1) Peningkatan kondisi fisik pasar; (2) Intervensi perubahan perilaku; (3) Peningkatan komitmen pemerintah; dan (4) Peningkatan dukungan masyarakat.

Saat ini, terdapat sembilan pasar percontohan Pasar Sejahtera, yaitu Pasar Ibuh-Payakumbuh di Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro di Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka di Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen di Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan di Jawa Tengah, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur, Pasar Kemuning-Pontianak di Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng di Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir sudah diserahterimakan kepada pemerintah setempat.

Untuk 2015, Danamon dan anak perusahaan melalui Danamon Peduli berkomitmen mengalokasikan dana lebih dari Rp 4,8 miliar untuk program Pasar Sejahtera yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com