Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Beri Dana Tambahan Rp 100 Miliar Per Kabupaten/Kota

Kompas.com - 29/04/2015, 12:03 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan niat pemerintah pusat memberi tambahan dana sekitar Rp 100 miliar untuk seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Tambahan dana tersebut direncanakan terealisasi pada 2016.

"Kemungkinan, 2016, tiap kabupaten/kota akan kita tambah Rp 100 miliar. Tapi itu baru kemungkinan ya," kata Jokowi, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional, di Gedung Bidakara, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Jokowi menuturkan, jumlah Rp 100 miliar itu merupakan angka rata-rata dana tambahan yang akan diberikan pada seluruh kabupaten/kota.

Pemberian dana akan disesuaikan dengan indikator tata kelola, audit BPK, indeks korupsi, penyerapan anggaran, luas wilayah dan tingkat kepadatan penduduk. Ia mengungkapkan, pemberian dana tambahan ini dimaksudkan untuk pembangunan infrastruktur.

Implementasinya akan menggunakan mekanisme instruksi presiden dan tidak bersifat permanen. "Ini yang mau kita berikan pada daerah, tapi ini enggak bersifat permanen, kriteria akan lihat terus. Ke depannya mungkin provinsi," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com