Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepercayaan Investor terhadap Jokowi Luntur?

Kompas.com - 05/05/2015, 22:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Suryo Bambang Sulisto mengaku sudah mendengar kabar banyaknya modal asing yang keluar dari Indonesia. Menurut dia, itu merupakan bukti kepercayaan investor yang menurun alias luntur kepada kinerja ekonomi pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla.

"Iya saya dengar itu banyak modal yang keluar. Mungkin itu karena kepercayaan (investor) terhadap kinerja makro ekonomi kita (yang menurun)," ujar Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Lebih lanjut kata dia, seluruh stakeholder ekonomi nasional mesti duduk bersama mencari solusi yang paling tepat yang paling pas atas lesunya ekonomi nasional.

"Karena sekarang ini situasinya dilematis loh, di mana-mana (sektor ekonomi) situasinya turun, daya beli masyarakat menurun, kita tak boleh biarkan ini terus begini. Mati dipikirkan solusi yang yang bisa menggairahkan kembali dunia usaha ini, jadi ekonomi kita ini bisa kita selamatkan," kata dia.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2015 hanya tumbuh 4,71 persen. Pada periode sama tahun lalu pertumbuhan ekonomi mencapai 5,14 persen (konstan 2010), atau 5,21 (konstan 2000).  Sementara target pertumbuhan ekonomi tahun 2015 mencapai 5,7 persen.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com