Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Indonesia Lesu, Perusahaan Nasional Bisa Dikuasai Asing

Kompas.com - 05/05/2015, 22:55 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi XI DPR RI Erlangga Hartanto menilai para pengusaha Indonesia sulit bersaing di Asia Tenggara dengan kondisi ekonomi Indonesia yang lesu.

Bahkan dia menyebut para perusahaan nasional bisa dicaplok oleh perusahaan asing dari negara lain di kawasan ASEAN. "Sulit (pengusaha) kita bersaing (di ASEAN). Bersaing untuk dicaplok di ASEAN baru bisa," ujar Hartanto dalam konferensi pers seminar pembiayaan investasi dibidang Industri. Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Dia menjelaskan, saat ini Indonesia belum memiliki lembaga pembiayaan untuk sektor industri. Hal ini lah yang dinilai menjadi salah satu penghalang pengusaha nasional mampu bersaing di ASEAN.

Selain itu, kondisi ini diperparah dengan kondisi ekonomi saat ini. Kata Hartanto para pengusaha nasional terlalu dibebani suku bunga yang tinggi. Hal tersebut jauh berbeda dengan tingkat suku bunga di negara ASEAN lain yang rata-rata lebih rendah dari 10 persen.

"Kita bersaing di level ASEAN saja tak bisa karena level suku bunga kita masih tinggi lalu tingkat inflasi kita juga masih tinggi," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Suryo Bambang Sulisto menyatakan bahwa adanya lembaga pembiayaan atau perbankan disektor industri bisa jadi solusi utama pemecahan masalah itu.

Oleh karena itu, Kadin kata dia kan mendorong exim bank yang saat ini bank ekspor menjadi bank ekspor dan industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com