Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian ESDM Sarankan Wilayah Kerja Panas Bumi Steril dari Penduduk

Kompas.com - 06/05/2015, 21:19 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggodok aturan bersama Pemerintah Daerah agar wilayah kerja pertambangan (WKP) panas bumi steril dari permukiman penduduk.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan hal itu dilakukan untuk merespon longsor yang terjadi di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Longsoran tersebut menimbulkan bencana korban jiwa penduduk setempat, dan merusak pipa Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP), PT Star Energy. "Dari kejadian Pangalengan ini, kami berharap semua aktivitas WKP disterilkan dari permukiman penduduk," kata Rida, di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Rida mengklarifikasi kabar yang menyebutkan bahwa ledakan pipa menyebabkan longsor. Yang terjadi adalah sebaliknya, longsor dengan tekanan sekitar 10 Bar tersebut membuat pipa Star Energy meledak.

"Dari pengamatan sementara dan hasil survei diketahui tanahnya lumayan curam, kemiringan 70 derajat. Tanahnya vulkanik yang sifatnya labil. Repotnya, pohonnya jarang akibat alihfungsi ke pertanian. Hutan digantikan tanaman kol dan kentang," kata Rida.

Akibat longsoran tersebut, pasokan sebesar 227 Mega Watt ke PT PLN (Persero) terhenti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com