Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, BI Waspadai Khusus Gejolak Harga Pangan

Kompas.com - 07/05/2015, 13:02 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo secara khusus mewaspadai ketersediaan dan distribusi pangan menjelang bulan Ramadhan. Pasalnya, harga pangan bisa menjadi pemacu inflasi.

"Secara khusus kita waspadai sektor pangan. Pangan itu selalu jadi tantangan Indonesia, kita harus sama-sama menjadi ketersediaan, distribusi dan kewajaran dari harganya," ujar Agus di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Dia mengatakan, ketiga faktor diatas sangat berpengaruh kepada inflasi. Padahal saat ini pemerintah sedang menjaga saya beli masyarakat untuk menjaga pertumbuhan ekonomi.

Selama ini lanjut Agus, terkadang pemerintah daerah tak mampu menjaga harga pangan, apalagi menjelang Ramadhan. Dampaknya, harga pangan menjadi meningkat sehingga memacu inflasi.

Sebelumnya, pemerintah berancang-ancang membuka keran impor utamanya beras untuk menjaga gejolak harga yang bisa memicu inflasi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil menuturkan pemerintah perlu memastikan kecukupan pasokan bahan pokok seperti beras dan gula pasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com