Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak "Sponsor", Menteri ESDM Minta Anak Buahnya Tidak Takut Dikriminalisasi

Kompas.com - 07/05/2015, 13:29 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengakui sektor ESDM merupakan sektor yang banyak diincar oleh banyak pihak.  Oleh karena itu, Sudirman mewanti-wanti jajarannya untuk disiplin barisan. Kalau ada pihak eksternal yang ingin mengintervensi kebijakan melalui pejabat lapisan bawah, pejabat di atasnya wajib mengetahui.

"Sektor ini secara tradisional banyak sponsor, dengan cara masuk ke lapis-lapis berikutnya. Saya tidak mau itu terjadi lagi. Jaga barisan ini supaya selamat," kata Sudirman dalam sambutannya di Pelantikan Pimpinan Pratama dan Madya Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Bahkan, Sudirman menegaskan kepada bawahannya agar tidak perlu terlalu memusingkan urusan politik dan berinteraksi terlalu jauh dengan orang-orang politik. "Yang ngurusin stakeholders politik biar Menterinya. Kalau Dirjen terpaksa interaksi (dengan orang politik), laporkan ke Menterinya," tegas Sudirman.

Selain meminta jajaran barunya agar kompak dan disiplin barisan, Sudirman juga meminta agar para pemimpin di Kementerian ESDM berani berinovasi. "Jangan takut dikriminalisasi. Kalau terobosan kita diperkarakan, publik akan melindungi kita," kata Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com