Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri-menteri Ekonomi Jokowi Sudah Saatnya Dievaluasi

Kompas.com - 09/05/2015, 13:48 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menilai, saat ini adalah waktu yang tepat bagi Presiden Joko Widodo untuk melakukan evaluasi atas kinerja para menterinya. Enam bulan dianggap sebagai waktu yang cukup untuk melakukan penilaian.

"Waktu 6 bulan (pemerintahan) ini sudah sangat bisa menilai para pembantunya. Kalau di perusahaan itu 2 bulan. Kalau buruk pasti kita akan ganti pembantu itu," ujar Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani, di Jakarta, Sabtu (9/5/2015).

Dia yakin Presiden Jokowi memiliki berbagai instrumen penilaian atas kinerja menterinya tersebut. Instrumen itu juga kata dia bisa jadi faktor utama pergantian di tubuh kabinet.

Sementara itu, Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2015 4,71 persen merupakan indikator belum maksimalnya kinerja pemerintah. Menurut dia, tepat jika Presiden Jokowi melakukan evaluasi terhadap para menterinya, terutama menteri-menteri di bidang ekonomi.

Enny menyebutkan beberapa menteri patut mendapat catatan serius dari Presiden, di antaranya Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin, Meteri UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga, dan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman.

"Perindustrian kan hanya tumbuh di bawah 4 persen, kalau Menteri UMKM juga enggak ada progress-nya. Ada lagi Menteri Pertanian yang turun juga (kinerjanya)," kata Enny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com