Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkut Motor Pemudik, Kemenhub Siapkan 4 Kapal

Kompas.com - 18/05/2015, 18:40 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menyiapkan 4 kapal untuk mengangkut sepeda motor selama musim mudik Lebaran 2015 nanti. Secara total, 4 kapal tersebut bisa mengangkut 10.000 sepeda motor pemudik.

"Kami sediakan dua kapal Pelni dan dua kapal TNI AL," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Bobby Mamahit usai membuka seminar di Jakarta, Senin (18/5/2015).

Angkutan laut khusus sepeda motor masih dibutuhkan, lantaran masih banyak masyarakat yang memilih membawa motor saat liburan hari raya Idul Fitri. Tahun lalu saja, ada sekitar 6.200 sepeda motor yang diangkut menggunakan kapal. Adapun titik atau rute yang paling banyak mengangkut sepeda motor adalah Tanjung Priok-Semarang.

Bobby menjelaskan, jalur laut ini sangat membantu para pemudik yang menuju wilayah di Jawa Timur dan Jawa bagian selatan.

Selain angkutan motor yang meningkat, volume penumpang moda angkutan laut juga mengalami kenaikan 3,33 persen. Tahun 2013 penumpang moda angkutan laut tercatat sebanyak 854.097 penumpang, sedangkan pada tahun 2014 sebanyak 882.516 penumpang.

"Pertumbuhan penunjang sementara ini dari tahun ke tahun antara 3-5 persen. Sementara k alau peningkatan armada tidak terlalu signifikan karena armada yang ada sudah maksimal. Hanya mungkin fokus kita roda dua akan kita tingkatkan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com