Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Ramah Anak Harus Makin Banyak

Kompas.com - 21/05/2015, 20:44 WIB


KOMPAS.com - Ke depan, harus makin banyak perusahaan ramah anak yang kian mendukung tumbuh kembang dan perlindungan anak berikut kepedulian bersama terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Catatan itu mengemukan pada Kamis (21/5/2015) bertepatan dengan peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta. RPTRA di Ibu Kota Indonesia ini merupakan salah satu bentuk perwujudan program Kota Layak Anak (KLA).

Di Jakarta, ada lima Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menjadi percontohan. Salah satunya adalah PAUD At-Thoibin di Gandaria Selatan, Jakarta Selatan. Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang meresmikan PAUD ini. PAUD At Thoibin menjadi salah satu binaan dari Pacific Place Jakarta.

Sementara itu, berkenaan dengan APSAI, lembaga yang berdiri sejak 2013 itu juga memunyai Program Anugerah Pelangi. APSAI pun mengajak perusahaan-perusahaan anggota untuk berperan aktif membangun aktivitas di sekitar RPTRA  terutama dalam bidang pendidikan dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan untuk guru-guru PAUD. APSAI juga  telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Tim Penggerak  PKK DKI Jakarta yang dipimpin oleh Ibu Veronica Tan (Istri Gubernur DKI Jakarta).

Menurut penjelasan Ishak A. Muin, pada 2014, Pacific Place Jakarta sebagai salah satu perusahaan pelopor APSAI menyerahkan bantuan berupa fasilitas playground kepada PAUD Kenanga Kelurahan Senayan. Perusahaan itu pun mengikutsertakan guru-guru PAUD Kenanga Kelurahan Senayan pada acara Workshop bagi guru-guru Pendidikan Anak Usaha Dini (PAUD) Se-Jabodetabek. Perusahaan pun ikut menandatanganani komitmen terhadap Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak bersama Menteri KPP-PA RI, Ibu Linda Amalia Sari Gumelar.
 
Ishak mengatakan Pacific Place Jakarta sebagai Pusat Perbelanjaan Ramah Anak memberikan pelayanan dan fasiltas terbaik terkait anak-anak, merancang kegiatan sosial yang berhubungan dengan anak serta mengkondisikan suasana yang ramah dengan anak dengan berbagai fasilitas dan pelayanan seperti ruang menyusui, ruang ganti pakaian ibu dan anak, pintu keluar darurat khusus anak, dan toilet khusus anak.  "Kerja sama dalam hal CSR bagi anak menjadi prioritas kami dalam bentuk program-program dan kegiatan-kegiatan yang mendukung tumbuh kembang dan perlindungan anak, serta menyatukan kepedulian bersama terhadap nilai-nilai kemanusiaan, khususnya kepada anak-anak, "tutup Ishak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com