Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selang Kompor Gas Rugikan Importir Lokal

Kompas.com - 22/05/2015, 20:14 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS. com - Direktur PT Mitra Lestari Sentosa, Amit Shamtani mengatakan, pihaknya menanggung kerugian antara Rp 70 juta - Rp 100 juta, lantaran harus menarik dan memusnahkan hampir 7.000 buah selang kompor gas asal China. "Sampai saat ini kerugiannya Rp 70 juta - Rp 100 juta, itu total keseluruhan 6.800 buah," kata Amit, di Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Saat ini baru 1900 buah dari 6800 selang kompor gas yang harus dimusnahkan. Sisanya dalam proses penarikan (recall) dan segera akan dimusnahkan. Amit mengatakan, pihaknya akan memanggil pemasok selang dari China dan akan menanyakan apa penyebab ribuan selang kompor gas mengalami penurunan mutu, sehingga tidak sesuai dengan standard nasional industri. "Selang ini dipasarkan di Indonesia, paling banyak di Jakarta. Harga jualnya di angka Rp 50.000," kata Amit.

Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo menuturkan, sejauh ini belum ada kejadian kompor gas yang meledak akibat menggunakan selang bermerek Gas Kita tersebut. Namun, pemerintah mengantisipasi agar kerugian yang ditimbulkan tidak makin besar. "Kalau yang 2000 buah selang itu meledak, dan menimbulkan kebakaran, kerugiannya bisa miliaran rupiah," ucap Widodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com