Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan MEA adalah Luas Wilayah Indonesia

Kompas.com - 25/05/2015, 21:02 WIB


KOMPAS.com - Tantangan saat Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah luas wilayah Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi dipercaya bisa menjadi salah satu jawaban. Catatan mengenai hal ini datang dari Gita Sutjahjo yang sehari-hari menjadi Kepala Penjualan dan Pemasaran PT Berca Cakra Teknologi.

Terkait dengan kemajuan teknologi informasi, dari sekitar 250 juta jiwa penduduk Indonesia, ada sepertiga dari jumlah itu belum tersentuh layanan internet. Hal ini ditambah lagi dengan luas wilayah Indonesia berikut pulau-pulau di dalamnya.

Maka dari itulah, jaringan broadband menjadi pengembangan penting. Potensi layanan internet tanpa kabel pun masih sangat besar. "Angkanya mencapai 35 persen," katanya pada Rabu pekan lalu.

Teknologi broadband, lanjut Gita merupakan jalan keluar atau solusi dari permasalahan layanan internet di negara kepulauan seperti Indonesia. Pasalnya perangkat layanan internet nirkabel ada yang mampu menjangkau hingga 200 kilometer.

Lagi pula, bisnis perangkat layanan internet nirkabel tak perlu menanam investasi dalam bentuk kabel. Layanan tersebut sangat efektif dalam menghubungkan layanan internet antar pulau."Di daerah pegunungan kan tidak mungkin menggunakan kabel,"tuturnya.

Perangkat layanan tersebut juga bisa membantu program pemerintah seperti internet masuk desa. Sementara itu, melihat masih tingginya potensi tersebut, pihaknya meluncurkan produk broadband tanpa kabel asal Swedia Repeatit. Produk ini terdiri dari dua model yakni  Trinity dan Infinity. Jangkauan Trinity mulai dari 30 meter hingga 200 kilometer dibanderol seharga Rp 35 juta. Produk itu pun diklaim memiliki beberapa kelebihan yakni cloud ecosystem dan manajemen jaringan nirkabel berbasis server atau RCS dengan fitur RCS mampu mengatur koneksi internet dari jarak jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com