Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Bertemu Sejumlah Duta Besar

Kompas.com - 28/05/2015, 11:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertemu dengan sejumlah duta besar negara-negara sahabat, antara lain dari kawasan Uni Eropa, Asia, dan Amerika Selatan.

"Hari ini saya ingin mengingatkan misi pemerintah adalah membuat Indonesia menjadi negara maritim yang lebih kuat setelah selama ini kami lebih kerap disebut sebagai negara agrikultur," kata Menteri Susi saat memberikan sambutan dalam acara International Relations/Donors Meeting di Hotel Mandarin, Jakarta, Kamis (28/5/2015), seperti dikutip Antara.

Sejumlah duta besar yang hadir, antara lain berasal dari Vietnam, Peru, Norwegia, Jerman, Polandia, Afrika Selatan, dan Hungaria.

Menteri Susi mengingatkan keinginan Presiden Joko Widodo untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim. Untuk itu, ujar dia, keberlanjutan adalah kata kunci untuk membangkitkan Indonesia sebagai negara maritim dan dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia sebagaimana telah dicanangkan oleh pemerintah.

"Keberlanjutan penting karena pertumbuhan tidak hanya untuk satu generasi, tetapi ratusan generasi mendatang," katanya.

Terlebih lagi, kata Susi, kawasan perairan dan pembangunan sektor kemaritiman di Tanah Air relatif telah terabaikan sejak lama.

Susi juga menuturkan tentang banyaknya imigran Rohingya dan Bangladesh yang datang ke daerah Aceh, sama halnya dengan imigran asal Afrika yang bergelombang datang ke Uni Eropa melalui Mediterania.

"Mereka mencari penghidupan yang lebih baik yang tidak didapat di negara asal mereka" katanya.

Susi juga mengemukakan pihaknya perlu belajar ke sejumlah negara lain di kawasan Asia Tenggara, seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand terkait dengan pengelolaan kemaritiman.

Hal tersebut, katanya, karena negara-negara tersebut memiliki jumlah ekspor komoditas perikanan yang lebih besar dibandingkan dengan Indonesia, meski luas perairan mereka dinilai minim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com