Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said Bantah Terima Gratifikasi Jet Pribadi dari Petral

Kompas.com - 29/05/2015, 08:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said membantah mendapatkan gratifikasi dari PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) terkait pesawat jet pribadi. Sudirman mengaku pesawat tersebut hanya sewaan.

"Itu bukan jet pribadi, melainkan pesawat carter," ujar Sudirman di kantor pusat PLN, Kamis (28/5/2015).

Sudirman Said mengambil pesawat sewaan untuk menghadiri peresmian Blok Arun di Lhoksumawe karena diundang oleh PT Pertamina dan Presiden Joko Widodo.

Pada saat itu Sudirman berada di Singapura, sehingga tidak ada penerbangan langsung menuju ke Lhoksumawe. "Kan tidak ada penerbangan dari Singapura ke Lhoksumawe dong," ujar Sudirman.

Sudirman menjelaskan, pesawat yang ia tumpangi, dibiayai oleh PT Pertamina (persero). Sudirman pun harus menaiki pesawat sewaan tersebut, karena keadaannya mendesak.

"Diberikan sarana transportasi. Kebetulan yang undang Pertamina, yang menyiapkan Pertamina," kata Sudirman.

Sudirman menambahkan bahwa fasilitas yang ia pakai bukan sebuah gratifikasi. Pasalnya pesawat jet tersebut, tidak ia miliki.

"Gratifikasi itu kalau saya bawa pulang itu barang. Pribadinya dapet manfaat. itu kan saya sedang bekerja," ujar Sudirman. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com