Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Menguji Level Psikologis 5.200

Kompas.com - 29/05/2015, 08:41 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali bergerak variatif pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (29/5/2015). Indeks mencoba bertahan dari kepungan ambil untung dan menguji level terendah terdekat di 5.200.

Kemarin, IHSG kembali ditutup melemah ke level 5.237,40, atau turun sebesar 15,98 poin (0,30 persen). Sementara indeks LQ-45 ditutup terkoreksi ke level 910,22; melemah sebesar 2,70 poin (0,30 persen).

IHSG kembali ditutup turun meskipun pada hari sebelumnya diestimasi akan mengalami technical rebound (pullback) ke kisaran 5.300. Indeks kemarin hanya mencapai titik tertingginya di 5.278 secara grafik intraday.

"Pergerakan IHSG hari ini kami estimasi akan bervariasi (mixed) dengan menguji support di 5.200," demikian Riset Mandiri Sekuritas, pagi ini.

Dari internal, pemodal mulai mengantisipasi pengumuman data inflasi terbaru yang rencananya diumumkan pekan depan. Proyeksi masih relatif tingginya inflasi dan masih melambatnya pertumbuhan ekonomi menjadi sentimen negatif.

Dari eksternal, respon atas pelemahan bursa saham di Tiongkok sebelumnya masih menjadi sentimen di pasar Asia. Bursa Wall Street semalam juga melemah. Kisaran pergerakan indeks diproyeksikan berada di level 5.200–5.275.

Rekomendasi jual untuk sejumlah saham, meliputi saham ACES, ADHI, CTRA, CTRP dan LPKR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com