Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sriwijaya Air Group Siapkan 81.954 Kursi "Extra Flight" Lebaran, Ini Rutenya

Kompas.com - 01/06/2015, 04:55 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang dan setelah hari Idul Fitri 1436 Hijrah, Sriwijaya Air Group menyediakan kursi tambahan sebanyak 81.954 kursi. Tambahan itu disiapkan mulai dari 10 Juli sampai dengan 25 Juli 2015.

"Ini salah satu bentuk persiapan Sriwijaya Air Group dalam menghadapi permintaan pelanggan menjelang Idul Fitri dan kepulangannya," ujar Agus Soedjono, Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air, melalui keterangan tertulis, Minggu (31/5/2015).

Agus mengatakan, penyediaan extra flight tahun ini meningkat sangat tajam dibanding sebelumnya lantaran banyaknya permintaan. Di sisi lain, pemilik maskapai Sriwijaya Air dan NAM Air ini mengklaim makin baik dalam persiapan penyediaan pesawat dan jumlahnya.

"Dibanding tahun lalu, extra flight tahun ini empat kali lebih banyak jumlah yang kami disediakan," tutur Agus.

Lebih lanjut dia mengatakan, meningkatnya permintaan atas jasa angkutan udara disebabkan tren masyarakat yang menjadikan masa libur Lebaran juga dimanfaatkan oleh mereka yang tidak ber-Lebaran untuk melakukan perjalanan.

Untuk Sriwijaya Air, layanan extra flight tersedia di 16 rute penerbangan dengan kapasitas penambahannya adalah 74.034 kursi. Rute tambahan di luar penerbangan regular adalah Jakarta-Medan PP, Jakarta-Padang PP, Padang-Medan PP, Makassar-Banjarmasin PP, Jakarta-Solo PP, Jakarta-Surabaya PP, Jakarta-Semarang PP, Jakarta-Yogyakarta PP, Jakarta-Malang PP, Jakarta-Pangkalpinang PP, Jambi-Batam PP, Jakarta-Denpasar PP, Jakarta-Pontianak PP, Makassar-Surabaya PP, serta Surabaya-Balikpapan PP.

Sedangkan NAM Air menyiapkan layanan extra flight untuk empat rute penerbangannya, yaitu Jakarta-Solo PP, Jakarta-Pangkalpinang PP, Yogyakarta-Pontianak PP, serta Surabaya-Denpasar PP. Jumlah penambahannya adalah 7.920 kursi di luar regular flight.

Ada pun pesawat yang akan digunakan untuk layanan tambahan Lebaran nanti adalah Boeing 737-800 NG, Boeing 737-400, Boeing 737-300 dan Boeing 737-500. Dengan banyaknya persediaan kursi tambahan dan informasi yang disampaikan jauh hari, maka diharapkan pelanggan dapat melakukan pembukuan secepat mungkin.

"Agar hajatan pulang kampung di saat Lebaran nanti dapat berjalan lancar dan tidak terganggu karena tidak mendapatkan tiket yang diinginkan," ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com