Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Meulaboh Naik Drastis

Kompas.com - 03/06/2015, 15:12 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


MEULABOH, KOMPAS.com - Jelang memasuki bulan suci Ramadhan, harga kebutuhan pokok di Meulaboh, Aceh Barat mulai merangkak naik. Beberapa komoditas yang harganya naik di antaranya cabai dan bawang merah.

Dari pantauan Kompas.com, harga cabai naik dari Rp 30.000 per Kg menjadi Rp 38.000 per Kg. Sementara itu harga bawang merah naik dari harga Rp 24.000 per Kg menjadi Rp 32.000 per Kg dan tomat naik menjadi Rp 10.000 per Kg dari sebelumnya Rp 7.000 per Kg.

“Hampir semua harga naik, dan yang paling melonjak adalah harga cabai merah, bawang merah dan tomat,” kata salah satu pedagang di Pasar Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Ratno Sagala, Rabu (03/06/2015).

Menurut Ratno, meski telah mengalami kenaikan harga, masyarakat tetap membelanjakan uangnya di pasar.

Kenaikan harga kebutuhan pokok ini diperkirakan terus terjadi hingga memasuki Ramadhan. Hal ini lantaran karena pasokan barang dan komoditas dari Medan, Sumatera Utara akan semakin berkurang.

“Sudah semacam tradisi kenaikan harga saat jelang bulan puasa, jadi sudah menjadi hal biasa, karena tidak ada upaya dari Pemerintah unuk menjaga kestabilan harga pasar,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com