Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak ke Pasar Kramatjati, Mentan Temukan Aksi Spekulan

Kompas.com - 08/06/2015, 13:49 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meninjau Pasar Induk Kramat Jati untuk mengecek pasokan dan harga pangan menjelang bulan puasa dan lebaran. Mentan menemukan adanya aksi spekulan terhadap harga bawang merah.

"Harga bawang merah di sini Rp 27 ribu per kilogram. Tapi, hasil tinjauan kita beberapa waktu lalu di Brebes, harga bawang merah Rp18 ribu per kg," kata Amran di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor KM 17, Jakarta Timur, Senin (8/6/2015).

Mentan mengaku, perbedaan harga itu terjadi karena tengkulak yang memanfaatkan momentum jelang puasa dan Lebaran. Mereka ingin meraup keuntungan lebih besar ketimbang hari biasanya.

"Mungkin ulah tengkulaknya. Beri tahu tengkulak kita mau ramadhan, jangan tinggi-tinggi," ujar Mentan.

Mentan kembali memastikan bahwa pasokan sayuran selama bulan puasa dan jelang lebaran akan mencukupi kebutuhan dalam negeri. Karenanya, dirinya meyakinkan kepada masyarakat bahwa pemerintah tak akan melakukan impor.

"Tapi, pasokan cukup kan, yang penting jangan impor. Saya minta pedagang jangan dinaikkan lagi harganya, kalau bisa diturunkan," kata Mentan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com