Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicecar soal Revolusi Mental, Puan Suruh Anggota Banggar DPR Baca Buku

Kompas.com - 10/06/2015, 15:11 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Paun Maharani menyuruh beberapa anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI membaca buku. Hal itu diungkapkan Puan karena dicecar banyak pertanyaan terkait konsep revolusi mental saat rapat pengajuan anggaran APBN 2016 bersama Banggar.

"Kami sudah buat buku pendek atau buku pintarlah yang bisa Bapak dan Ibu anggota DPR baca," ujar Puan saat diberi kesempatan menjawab beberapa pertanyaan tersebut di Ruang Banggar DPR RI, Jakarta, Rabu (10/5/2015).

Puan bahkan menunjukkan buku revolusi mental yang ia maksud di hadapan para anggota Banggar. Menurut dia, buku itu memuat secara rinci konsep revolusi mental yang dibawa pemerintah untuk mengembangkan segala aspek bangsa pada pemerintahan saat ini.

Meski begitu, Puan mengakui bahwa mewujudkan revolusi mental tak mudah. Dia mengatakan, perlu waktu jangka panjang untuk mewujudkan hal itu.

Dari sisi kelembagaan, kata putri mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri itu, beberapa kementerian dan lembaga sudah melakukan berbagai kebijakan terkait revolusi mental. Namun, kata dia, pelaksanaan revolusi mental di kementerian atau lembaga tentu sesuai porsi masing-masing.

Sebelumnya, beberapa anggota Banggar DPR RI mempertanyakan konsep revolusi mental yang diungkapkan Puan saat mengajukan anggaran pada APBN 2016. Bahkan, ada anggota Banggar yang sempat mengkritik kebijakan Puan terkait pemberian berbagai kartu kepada masyarakat, antara lain Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com