Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Menkeu Targetkan Pertumbuhan Investasi Capai 8 Persen

Kompas.com - 11/06/2015, 17:32 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah berharap peran investasi dalam Produk Domestik Bruto (PDB) tahun ini lebih besar. Oleh karena itu, sejumlah fasilitas insentif diberikan untuk bisa dapat mendorong tumbuhnya investasi.

“Kalau investasi hanya tumbuh 5-6 persen itu kurang,” kata Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, Kamis (11/6/2015).

Bambang menyatakan, pemerintah mencoba memperbaiki struktur insentif dari investasi. Hal ini lantaran ingin melakukan reformasi struktural perekonomian Indonesia, yang semula mengandalkan konsumsi menjadi investasi.

Namun Bambang menegaskan, hal ini bukan berarti investasi menjadi satu-satunya sumber pertumbuhan ekonomi yang dominan dalam PDB. Yang jelas, belajar dari sejarah China beberapa tahun lalu yang berhasil mencetak pertumbuhan ekonomi dua digit disebabkan investasi yang tumbuh baik.

"Jadi pesannya adalah kita ingin dorong pertumbuhan investasi. Jadi, clear kenapa kita dorong insentif tahun ini, karena kita ingin dorong pertumbuhan investasi. Kita ingin investasi itu bisa tumbuh 7-8 persen," tegas Bambang.

Adapun pertumbuhan investasi hingga 8 persen tahun ini tidak hanya didorong dari swasta, melainkan juga belanja infrastruktur pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com