Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stabilkan Harga Bahan Pokok, Rantai Pasok Dipangkas Jadi Dua Pos

Kompas.com - 13/06/2015, 13:01 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Bulog memangkas rantai pasok bahan pangan dari petani ke pasar. Rantai pasok yang semula melalui lima pos akan dipersingkat menjadi dua pos.

"Yang biasanya lima pos ini tinggal dua. Dari petani ke Bulog, langsung pasar. Jadi memperpendek rantai pasok," ujar Amran saat memantau aktivitas di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Sabtu (13/6/2015).

Amran mengatakan, penyebab melambungnya harga bahan pokok di pasar karena banyaknya pos yang harus dilalui dari petani ke konsumen. Pemasokan bahan pokok tersebut, kata Amran, akan langsung ditangani oleh Bulog.

Dalam rantai ini, Kementan berperan dalam produksi untuk membantu pembenihan, pestisida, dan irigasi.

"Setelah panen, Bulog membeli kemudian dipasarkan," kata Amran.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti yang turut hadir bersama Amran mengaku siap bekerjasama dengan pemerintah. Bulog dan Kementan akan menurunkan satgas ke lapangan untuk menstabilkan harga bahan pokok.

"Sebelum harga naik menjadi liar kita siap mendampingi pemerintah. Kita meminimalkan rantai pasok dengan optimalisasi satgas di lapangan," kata Djarot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com