Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cipali Rampung, Industri Nasional Diprediksi Makin Menyebar

Kompas.com - 16/06/2015, 19:29 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati menilai, dalam waktu dekat kalangan dunia usaha akan melirik daerah-daerah yang dilalui oleh jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sebagai tempat investasi. Industri nasional pun diyakini akan bergeser terus ke arah timur kawasan Industri saat ini di Cikarang dan Karawang.

"Dengan adanya percepatan jarak waktu tempuh ya, maka konsentrasi industri saya yakin akan tersebar ya tak hanya di sekitar Cikampek atau Karawang saja," ujar Enny kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Selain karena didukung akses jalan yang baik setelah adanya Tol Cipali, prospek perkembangan industri di Subang misalnya didukung dengan harga tanah yang masih relatif murah.

"Tanah di daerah Subang kan masih murah nah itu kalau untuk Industri bisa lebih kompetitif bahkan ini akan membuka bibit-bibit pertumbuhan ekonomi baru," kata dia.

Menurut Enny, nantinya kawasan Industri yang baru itu bisa bersinergi dengan pelabuhan yang rencananya akan dibangun oleh pemerintah.

Seperti diberitakan, pemerintah belum lama ini memutuskan untuk membatalkan pembangunan pelabuhan di Cilamaya, Karawang. Alasannya, kawasan tersebut sangat dekat dengan infrastruktur minyak ONWJ milik Pertamina. Akhirnya, pemerintah memutuskan untuk memindahkan pembangunan pelabuhan itu ke arah timur karawang. Namun, terkuat lokasi pastinya hingga saat ini belum diumumkan pemerintah.

"Pembangunan pelabuhan itu juga nanti akan mempercepat pembangunan industri itu," tandas Enny.

baca juga: Akan seperti Apakah Nasib Daerah yang Dilalui Tol Cipali?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com