Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Ini Permudah Pilot AirAsia Dapatkan Info Penerbangan

Kompas.com - 17/06/2015, 14:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia menjadi pelanggan pertama Airbus yang menggunakan aplikasi Airbus “Smarter Fleet” electronic Flight Folder (eFF), seiring dengan penandatanganan perjanjian oleh dua perusahaan itu di Paris Air Show.

eFF merupakan aplikasi atau software komprehensif yang memungkinkan pilot mengakses dokumen briefing penerbangan di atas pesawat, atau di rumah, di hotel, serta di ruang briefing kru.

Software ini juga memiliki kapabilitas untuk mengatur dokumen yang berbentuk elektronik seperti post flight journey log dan air safety reports. Pengaturan tersebut terkoneksi dengan maskapai, menyajikan paket briefing dan secara otomatis mengarsipkan data.

"Di AirAsia sangat penting untuk memastikan bahwa kru kami dilengkapi dengan aplikasi terbaru dan atmosfir kerja yang optimal," jelas Tony Fernandes, Group CEO AirAsia dalam keterangan resminya, Rabu (17/6/2015).

"Dengan solusi terbaru yang ditawarkan Airbus, kami dapat mengurangi penggunaan kertas di kokpit, meningkatkan efisiensi dan menjaga tetap tingginya standar keselamatan dan kesempurnaan operasional," lanjutnya.

Sementara itu, Didier Lux, Head of Customer Services, Airbus menilai AirAsia menunjukkan komitmen dalam memastikan operasional penerbangan yang efisien serta dapat diandalkan.

Aplikasi eFF terbaru ini dapat dikombinasikan dengan seluruh perangkat Smarter Fleet untuk optimalisasi dalam operasional end-to-end. Sebagai contoh, kombinasi dengan modul Maintenance Mobility membuat personil perawatan pesawat udara dapat memperoleh informasi secara tepat waktu, termasuk dokumentasi, paket pekerjaan, dan data teknis krusial pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com