Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biayai Sektor Kelautan dan Perikanan, Industri Keuangan Bentuk Konsorsium

Kompas.com - 18/06/2015, 20:24 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sedang membentuk konsorsium yang nantinya akan bergerak khusus melayani pembiayaan usaha kelautan dan perikanan.

Skim pembiayaan ini akan berbentuk leasing yang dilengkapi dengan penjaminan kredit dari Jamkrindo dan asuransi dari lembaga asuransi. Adapun target produk yang akan dibiayai antara lain cold storage, mesin kapal, mesin pengolahan, dan kendaraan (motor, mobil, truk) berpendingin.

Skim ini masih dibahas oleh konsorsium untuk menentukan harga dan suku bunga yang tepat. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, pemerintah membahas tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan OJK, di Takalar, pada 11 Mei 2015, yang disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Intinya OJK sudah mulai menjurus teknis, perbankan sudah menginventarisasi kredit ke kapal-kapal cantrang dan kita akan menyiapkan pola pemberian kredit untuk membantu pergantian alat tangkap antara perbankan dan pihak pemilik cantrang,” kata Susi dalam konferensi pers, Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Susi mengatakan, saat ini sudah ada tujuh bank nasional, satu bank daerah dan industri keuangan non-bank (IKNB) mendeklarasikan komitmennya untuk menyalurkan kredit dan pembiayaan baru sebesar Rp 7,15 triliun pada tahun 2015. Sehingga, diharapkan pada akhir tahun 2015, total kredit dan pembiayaan untuk sektor kelautan dan perikanan secara akumulatif adalah sebesar Rp 24,75 triliun.

Adapun tujuh bank nasional yang menaruh komitmen tersebut yakni BNI, BRI, BTPN, Bank Danamon Indonesia, Bank Mandiri, Bank Permata, serta Bank Bukopin. Sedangkan bank daerahnya yakni BPD Sulselbar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com