Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SQ Dambakan Kembali Terbangi Langsung Singapura-AS

Kompas.com - 18/06/2015, 21:06 WIB


KOMPAS.com - Pengelola maskapai penerbangan Singapore Airlines mendambakan pesawat yang bisa kembali terbang langsung melayani rute Singapura menuju kota-kota di Amerika Serikat. Maskapai penerbangan berkode SQ itu, sebagaimana warta laman Bloomberg.com pada Kamis (18/6/2015), tengah dalam pembicaraan dengan dua perusahaan pesawat terbang Airbus Group SE dan Boeing Co.

Menurut CEO Singapore Airlines Goh Choon Pong, pada November 2013, pihaknya memang menghentikan layanan penerbangan 19 jam nonstop dari Singapura ke AS. Rute di kelas bisnis itu melayani Singapura menuju Los Angeles sepanjang 14.000 kilometer dan Newark di New Jersey sejauh 16.700 kilometer. Pesawat yang digunakan adalah Airbus A340-500 berisi 100 kursi. "Saat ini sejatinya tak ada pesawat komersial yang bisa terbang nonstop di rute itu," tuturnya.

Sejatinya, ada sasaran yang bakal dibidik SQ. Pesawat yang bisa terbang langsung itu, andai terwujud, akan mempersempit celah perbedaan jaringan dengan kompetitor yakni Cathay Pacific asal Hong Kong dan Qantas Airways dari Australia.

Sejauh ini, baik Airbus dan Boeing menawarkan pesawat dua mesin. Airbus menawarkan varian A350 yang bisa mengangkasa hingga 15.100 kilometer tanpa henti. Pesawat ini sudah dipasarkan sejak Januari 2015. Qatar Airways menjadi pengguna pertama.

Sementara itu, Boeing menawarkan seri 777-2000 LR yang bisa terbang hingga 15.000 kilometer lebih atau setara dengan 8.625 mil laut. Boing juga tengah membenahi varian 777x yang diklaim mampu terbang hingga 9.300 mil laut.

Kini, Qantas menggunakan Airbus A380 Superjumbo melayani Sydney menuju Dallas pergi pulang. Sampai dengan September 2014, rute ini dilayani Qantas menggunakan Boeing 747.

SQ, saat ini, terbang dari Singapura menuju empat kota di AS termasuk Los Angeles dan San Francisco. Tapi, pesawat yang digunakan mesti transit di Hong Kong, Seoul, dan Tokyo. Penerbangan SQ ke New York mesti berhenti transit di Frankfurt, Jerman. Lalu, layanan penerbangan ke Houston, mesti berhenti di Moskwa. SQ mengoperasikan A380 dan Boeing 777.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com