Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Hadiah "Food Truck", Wirausahawan Kuliner asal Surabaya Ikuti MTREPRENEUR

Kompas.com - 19/06/2015, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengusaha muda di bidang kuliner mengikuti kompetisi kewirausahaan bisnis kuliner bertajuk MTREPRENEUR.

MTREPRENEUR adalah sebuah program dan ajang kompetisi yang digagas oleh komunitas MOVERS. Program ini dirancang untuk menjaring bakat pengusaha muda agar lebih berani mengambil keputusan untuk mencurahkan ide dan mewujudkan impian mereka dalam membangun bisnis kuliner.

Program MTREPRENEUR telah berlangsung selama kurang lebih 2 bulan dengan berbagai tahapan yang dirancang untuk menggali keberanian mengambil keputusan guna mewujudkan impian para calon pengusaha muda di Surabaya. Acara ini dikemas dalam kegiatan yang inovatif, kreatif dan juga fun.

“Saya dan teman-teman MOVERS melihat ada banyak ide kreatif dan ide bisnis di bidang kuliner di kalangan masyarakat Surabaya, apalagi ditengah maraknya bisnis kuliner food truck di kota besar seperti Jakarta. Kami ingin mendorong potensi ini untuk menjadi kenyataan dengan wadah yang bisa memberikan hasil nyata, sejalan dengan semangat Marlboro untuk menghargai keberanian dalam mengambil keputusan," ujar salah satu penggagas MTREPRENEUR, Geosilano dalam siaran pers, Jumat (19/6/2015).

MTREPRENEUR pertama diluncurkan pada tanggal 1 Mei 2015 dengan mengundang masyarakat untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini, yakni  dengan mengirimkan video singkat berdurasi 30 detik hingga 3 menit. Di dalam video ini, para peserta akan menceritakan ide bisnis yang akan direalisasikan dengan bantuan Food Truck, yang dihadiahkan bagi satu tim pemenang.

Mereka pun harus meyakinkan para juri mengapa ide mereka itu berbeda dan bagaimana mereka akan menjalankan bisnis tersebut. Program ini terbuka untuk tim yang terdiri dari 1 – 3 orang.

Video peserta tersebut lalu diseleksi untuk mendapatkan 50 tim yang menjalani simulasi bisnis online. Dari poin yang dikumpulkan dalam simulasi bisnis tersebut terpilih 24 finalis terbaik yang berhak mempresentasikan ide bisnis dan rencana kerja mereka di hadapan dewan juri.

Untuk proses penilaian, MTREPRENEUR menggandeng sederet juri yang tidak hanya mampu memberikan penilaian namun juga menjadi pembimbing dengan keahlian mereka di bidang wirausaha dan kuliner yaitu Alex Kowalski yang merupakan penggagas program wirausaha komunitas kreatif Sunday Market Surabaya dan Chef Ken yang merupakan salah satu finalis Masterchef Indonesia asal Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com