Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maroko Paling Lahap Serap Produk Senjata Perancis

Kompas.com - 21/06/2015, 03:03 WIB


KOMPAS.com - Ketimbang negara-negara lain di kawasan Magribi atau Afrika bagian utara, Maroko paling lahap menyerap produk senjata buatan Perancis. Adalah media lokal, koran harian Akhbar Al Yahoum yang merilis warta teranyar ihwal pembelian senjata ini pada Sabtu (20/6/2015).

Koran itu mencatat sejak 2010-2014, Maroko sudah menggelontorkan dana hingga 824 juta dollar AS. Duit sebesar itu memang dipakai untuk membeli produk-produk senjata buatan Perancis. Pencapaian ini diikuti oleh Aljazair yang merogoh 282 juta dollar AS dari koceknya untuk pembelian senjata.

Soal belanja tersebut, Maroko memasukkan pembelian kapal perusak Fremm Mohammed VI. Banderol kapal perang itu yang dibeli pada Januari lalu sebesar 513 juta dollar AS.

Sementara, Maroko pun masuk dalam daftar sepuluh besar negara-negara Arab yang menjadi pelanggan produk-produk senjata buatan Perancis. Di daftar itu termaktub nama-nama Arab saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, dan Mesir.
 
Catatan juga datang dari Institut Riset Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) asal Swedia. Lembaga itu menyebutkan Maroko juga menjadi pengimpor produk-produk senjata dari negara selain Perancis. Impor Maroko untuk sektor ini berasal dari Amerika Serikat (35 persen), Belanda (18 persen), dan China (11 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com