Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri BUMN Bikin Kaget Kementerian Perhubungan

Kompas.com - 22/06/2015, 20:34 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengganti Direktur Utama PT Pelni dan PT Angkasa Pura (AP) I membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kaget. Pasalnya, pergantian itu dilakukan di tengah persiapan mudik lebaran 2015 "Di tengah keseriusan persiapan mudik, jajaran Kementerian Perhubungan mendapat informasi tentang pergantian direktur utama PT Pelni (Persero) dan PT Angkasa Pura 1 (Persero), Senin pagi 22 Juni 2015, oleh Kementerian BUMN. Pergantian tersebut mengejutkan jajaran Kemenhub," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Bagi Kemenhub, PT Pelni merupakan perusahan yang memegang peranan sangat penting dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2015 dengan moda transportasi kapal laut. Sementara itu, PT AP 1 juga memiliki peran penting untuk mempersiapkan 13 bandara yang dikelolanya. Tugas AP I itu sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran melalui moda pesawat udara.

Meski keputusan Menteri BUMN sangat mengejutkan, Kemenhub kata Hadi, berharap Direktur Utama baru PT Pelni dan PT AP I bisa langsung terlibat dan berperan aktif dalam mendukung keberhasilan Angkutan Lebaran 2015. Sebelumnya, Menteri BUMN mengganti Dirut Pelni yaitu Sulistyo Wimbo Sardjito dengan Elfien Goentoro. Elfien adalah Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelni. Selain itu, Rini juga mencopot Dirut AP Tommy Soetomo dan kemudian digantikan oleh Sulistyo Wimbo Sardjito yang merupakan Dirut Pelni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com