Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tukar Uang buat Lebaran? Datang Saja ke Sini

Kompas.com - 26/06/2015, 11:40 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com —
 Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan penukaran uang bisa mendatangi layanan penukaran uang yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI) di Lapangan Lenggang Jakarta, kawasan Monas. Layanan penukaran uang ini diselenggarakan mulai dari tanggal 17 Juni 2015 sampai dengan 15 Juli 2015.

Sementara itu, layanan penukaran uang oleh perbankan dimulai pada 22 Juni 2015 sampai dengan tanggal 24 Juni 2015. Layanan penukaran uang oleh perbankan ini telah diikuti oleh empat bank, yaitu Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Internasional Indonesia (BII), Bank Syariah Mandiri (BSM), dan juga CIMB Niaga.

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Yudi Harymukti mengungkapkan, realisasi penukaran uang mulai dari 17 Juni 2015 sampai dengan 24 Juni 2015 atau selama enam hari kerja telah mencapai Rp 3,1 miliar dengan total jumlah penukar sejumlah 1.199 orang.

Sementara itu, berdasarkan pecahan, secara nominal, pecahan tertinggi yang ditukarkan oleh masyarakat adalah Rp 20.000. Pecahan ini mencapai 36 persen dari total uang yang ditukarkan masyarakat. Berdasarkan jumlah lembar atau keping, penukaran uang tertinggi adalah pecahan Rp 2.000 yang mencapai 31 persen dari total uang yang ditukarkan masyarakat. Pecahan uang ini diikuti Rp 5.000 yang mencapai 30 persen dari keseluruhan uang yang ditukarkan masyarakat.

Yudi menambahkan, kegiatan penukaran uang pecahan kecil (UPK) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dilakukan bekerja sama dengan 11 bank pada 81 titik lokasi kantor cabang bank.

Adapun 11 bank yang bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk kantor kas penukaran uang adalah Bank Central Asia (BCA) di empat lokasi kantor cabang, Bank Internasional Indonesia (BII) di 10 kantor cabang, Bank Jabar dan Banten (BJB) di sembilan kantor cabang, Bank Negara Indonesia (BNI) di tujuh kantor cabang, Bank Tabungan Negara (BTN) di 10 kantor cabang, CIMB Niaga di 10 kantor cabang, Bank DKI di lima kantor cabang, Bank Mandiri di enam kantor cabang, Panin Bank di lima kantor cabang, dan Bank Permata di delapan kantor cabang.

Di wilayah DKI Jakarta, penukaran uang dilayani oleh 62 kantor bank. Titik lokasi penukaran uang terbanyak adalah di wilayah Jakarta Pusat yang mencapai 23 titik, diikuti oleh Jakarta Selatan sebanyak 13 titik dan Jakarta Timur sebanyak 11 titik. Untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), dilayani oleh 19 kantor bank.

"Layanan kas keliling dilakukan di dalam kota dengan menggunakan lima unit mobil per hari. Ini jauh lebih banyak dibandingkan hari biasa yang hanya sebanyak satu unit mobil per hari. Di luar kota yang bersifat wholesale dan ritel untuk perbankan dan masyarakat di wilayah kerja kantor perwakilan Provinsi Banten," kata Yudi.

Layanan penukaran uang pecahan kecil yang dilakukan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan PT KAI pada lima stasiun, yaitu Stasiun Pasar Senen, Cikini, Gambir, Tanah Abang, dan Jatinegara. Plafon yang diberikan untuk penukaran uang yang diberikan sebesar Rp 455 juta untuk lima stasiun tersebut.

"Layanan penukaran kolektif dilakukan secara bergiliran, baik bagi instansi pemerintah maupun lembaga negara serta instansi-instansi yang memberikan layanan publik," kata Yudi. (Dea Chadiza Syafina)

Baca juga: Hari Ini Masa Gratis Berakhir, Ini Tarif Tol Cipali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com