Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bank Swasta Ikut Salurkan KUR untuk TKI

Kompas.com - 26/06/2015, 14:15 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Dua bank swasta ikut menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang khusus diperuntukkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI), yaitu PT Bank Sinarmas Tbk dan PT Bank Internasional Indonesia Tbk.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid, usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (26/6/2015).

“Kenapa dua bank swsata itu ikut, karena dia punya akses, Bank Sinarmas di Taiwan, dan BII di Malaysia,” ucap Nusron.

Sebelumnya, tiga bank pelat merah diberi mandat untuk penyaluran KUR, yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, serta PT Bank Negara Indonesia (Persero).

Nusron menyambut baik kebijakan pemerintah untuk menurunkan bunga KUR dari 22 persen menjadi 12 persen. Dengan demikian, beban TKI dalam pembayaran bunga bank menjadi berkurang sekitar Rp 2 jutaan.

Diharapkan debitor dari TKI yang bisa mengakses KUR ini mencapai 75.000 orang. Anggota Dewan Komisioner dan Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Nonbank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Djaelani, menuturkan kebijakan ini tidak akan berpengaruh terhadap marjin bunga bank.

“Bagi bank harusnya tidak membuat penerimaannya menjadi lebih rendah,” kata Firdaus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com