Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SP Mathilda: Jangan Ragukan Kemampuan Pertamina Kelola Blok Mahakam

Kompas.com - 28/06/2015, 23:19 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis


BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Gelombang dukungan pengelolaan Blok Mahakam oleh Pertamina terus mengalir. Giliran Serikat Pekerja Mathilda, yang merupakan afiliasi dari Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu, menyatakan bahwa Pertamina mampu mengelola Blok Mahakam bahkan dengan mengambil peran 100 persen pengelola sekalipun.

“Pertamina selama ini dikerdilkan. Mengapa Pertamina tidak boleh dibesarkan oleh bangsanya sendiri,” kata Ketua SP Mathilda di Balikpapan, Kalimantan Timur, Farid Rawung, Minggu (28/6/2015).

Pemerintah sejatinya bisa mengambil pelajaran dari keberhasilan Pertamina setelah mengambil alih Offshore North West Java (ONWJ) dan West Madura Offshore (WMO). Farid mengatakan, ONWJ beralih ke Pertamina dari pemilik sebelumnya, Kodeco Energy Co Ltd, Selatan, sedangkan WMP dari British Petroleum di 2010-2011.

Alhasil, kata Farid, kini produksi dari dua offshore itu telah melebihi kapasitas semula. “Semula memang sempat dari 20.000 per hari menjadi 12.000 per hari. Kini, kira-kira bisa 45.000. Di keduanya, tidak ada produksi yang turun sekarang,” kata Farid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com