Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artha Graha Gelar Operasi Pasar, Daging Sapi Dibanderol Rp 70.000 per Kg

Kompas.com - 29/06/2015, 13:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Artha Graha Group menggelar pasar murah sembako di 2.000 titik di Indonesia. Ini adalah pasar murah sembako kesekian kalinya yang digelar perusahaan milik Tomy Winata itu.

Sejumlah bahan yang dijual diantaranya beras, gula, daging sapi dan minyak goreng. Peluncuran pasar murah sembako ini dihadiri oleh Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara –Reformasi Birokrasi Yudhi Chrisnandi.

Harga daging sapi yang diperjualbelikan di pasar murah ini diabnderol Rp 70.000 per kilogram, lebih murah dibandingkan dengan harga daging sapi yang dijual Perum Bulog seharga Rp 88.000 per kilogram.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengapresiasi apa yang dilakukan Yayasan Artha Graha. “Paling tidak ini bisa mengendalikan harga. Saya kira titiknya cukup banyak, hampir di seluruh Indonesia,” kata Rachmat, di Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Menurut Rachmat, operasi pasar semacam ini cukup efektif untuk menstabilkan harga. Sebab, kata Rachmat, kenaikan harga sembako saat ini sangat dipengaruhi oleh para spekulan yang mengacaukan mata rantai perdagangan.

“Operasi pasar ikut memotong mata rantai. Ini yang sebetulnya harus kita lakukan ke depan, di samping meningkatkan produksi. Mata rantai harus kita atur kembali,” lanjut Rachmat.

Lebih lanjut Rachmat berharap, dengan dipotongnya mata rantai ini, produsen dan pemilik barang bisa mendapatkan keuntungan, di sisi lain konsume tidak terbebani harga tinggi.

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Srie Agustina menjelaskan operasi pasar bertujuan sebagai pasar penyeimbang. “Tapi ke depan, pengusaha yang menggelar operasi pasar seperti ini juga harus bersinergi dengan pasar lokal. Sehingga, tidak malah menjadi pesaing bagi mereka,” ucap Srie.

baca juga: Jokowi: Kalau Ada yang Main-main dengan Harga, Pasti Saya Kejar...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com