Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Melorot 5,8 Dollar AS

Kompas.com - 03/07/2015, 08:17 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange bergerak turun pada Kamis (2/7/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB), setelah laporan pekerjaan AS sedikit di bawah harapan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 5,8 dollar AS, atau 0,50 persen, menjadi 1.163,50 dollar AS per ounce.

Emas bereaksi setelah laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis menunjukkan pertumbuhan penggajian (payroll) non pertanian meningkat 223.000, yang di bawah ekspektasi. Analis mencatat bahwa penghasilan rata-rata per jam tetap tidak berubah pada Juni.

Beberapa analis percaya, ini lebih lanjut dapat mendorong kembali harapan untuk kenaikan suku bunga yang diantisipasi Federal Reserve AS. Awalnya kenaikan suku bunga itu diperkirakan pada Juni, tapi angka pekerjaan lemah mendorong kembali harapan untuk September.

Dollar AS yang lebih lemah juga memberikan dukungan untuk logam mulia, karena Indeks Dollar AS turun 0,2 persen menjadi 96,05 pada pukul 17.16 GMT.

Emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah, jika mata uang AS itu naik maka emas berjangka akan jatuh karena emas yang diukur dengan dollar AS menjadi lebih mahal bagi investor.

Sementara perak untuk pengiriman September turun 1,5 sen, atau 0,10 persen, menjadi ditutup pada 15,562 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 3,8 dollar AS, atau 0,35 persen, menjadi ditutup pada 1.084,00 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com