Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Pemerintah Tidak Masalah Bea Masuk Komponen Pesawat 0 Persen

Kompas.com - 04/07/2015, 17:48 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah khususnya Kementerian Keuangan tidak mempersoalkan jika bea masuk komponen pesawat nol persen.

"Kita sih enggak masalah karena BM itu bukan penghasilan kok buat kita," kata Bambang dalam sebuah diskusi, di Jakarta kemarin, Jumat (3/7/2015).

Bambang mengatakan bahkan pada waktu itu pihak Kementerian Keuangan yang justru mengumpulkan INACA untuk mengetahui komponen apa yang mesti dihapuskan bea masuknya.

"Kalau enggak salah ada 36 item yang mau dibebaskan. Sampai hari ini baru 7-8 yang kita setujui," sambung Bambang.

Menkeu menegaskan kembali bahwa bea masuk itu bukanlah andalan pemasukan negara, melainkan dampak dari penerapan sebuah kebijakan. Apabila dirasa penghapusan bea masuk komponen pesawat bisa mengembangkan industri aviasi, maka harus ada yang mengusulkan.

"Tapi ya yang mengusulkan harusnya Kementerian Perindustrian. Tapi mereka merasa ini nanti bisa mengganggu industri dalam negeri," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com