Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Indonesia Tak Pernah Diterpa Isu Gagal Bayar

Kompas.com - 04/07/2015, 21:49 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan tidak seperti Yunani, Indonesia tidak pernah terkena isu gagal bayar.

“Sama sekali enggak. Pemerintah Indonesia tidak pernah terkena isu gagal bayar,” kata Bambang dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Bambang menuturkan, pemerintah Yunani saat ini telah mengalami gagal bayar kepada Dana Moneter Internasional (IMF) dan mengharapkan Eropa untuk menalanginya. “Eropa enggak mau, itu artinya negara itu default,” imbuh Bambang.

Sementara itu pemerintah Indonesia walaupun mencari pinjaman dari pasar, namun utang bisa dibayarkan berikut dengan bunganya. Bahkan, Bambang menegaskan pemerintah Indonesia juga tidak pernah mengalami keterlambatan pembayaran. “Kalau untuk swasta, urusan lain,” ucap Bambang.

Dana Moneter Internasional Rabu (1/7/2015), mencatat Yunani sebagai negara maju pertama yang gagal membayar utangnya kepada kreditor internasional itu. IMF menegaskan, Yunani tidak sanggup membayar pinjaman 1,6 miliar euro tepat pada tenggat yang telah ditetapkan, 30 Juni 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com