Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Garut, Menteri Rini Langsung Belanja Jaket Kulit

Kompas.com - 05/07/2015, 10:12 WIB
Estu Suryowati

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno langsung jatuh hati ketika melihat jaket kulit produksi UMKM di Bandung, Jawa Barat. Rini pun memutuskan untuk membeli jaket kulit berwarna cokelat yang dijual di bazar Peresmian PLTP Kamojang Unit 5, Minggu (5/7/2015).

"Berapa ini?" tanya Rini kepada si penjual.

"Rp 1,3 juta, Bu," kata penjual jaket.

Tak berlama-lama, Rini langsung mengeluarkan belasan uang kertas nominal Rp 50 ribuan dan Rp 100 ribuan.

Rini saat mengunjungi bazar didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto dan sejumlah petinggi BUMN. Melihat sang menteri sangat bersemangat belanja, beberapa di antaranya melempar komentar-komentar candaan.

"Jangan keluarin dollar ya bu. Kita harus mendukung penggunaan rupiah untuk transaksi dalam negeri," ucap salah seorang dari rombongan.

Stand UMKM yang dikunjungi Rini itu merupakan UMKM binaan Pertamina yang mengikuti Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Beranjak ke stand berikutnya Rini lantas mampir di stand Citra Baru Busana. Kali ini Rini tampak tertarik dengan sepatu flat yang terbuat dari serat bambu. Rini tertarik karena sepatu tersebut dinilainya unik. Sepatu dengan motif garis-garis berwarna hijau, orange, dan didominasi cokelat itu dibanderol dengan harga Rp 300.000.

Rini pun langsung membelinya, dan langsung memakainya. Salah seorang dari rombongan yang ikut menemani Rini spontan menyeletuk. "Wah belum Lebaran, semuanya sudah baru, Bu." 

Tak hanya membeli jaket kulit dan sepatu dari serat bambu, di stand lain Rini juga membeli kerudung buatan UMKM Nida Fashion dari katun seharga Rp 50.000.

Beranjak ke stand makanan, Rini tergiur dengan kerupuk ketan hitam dan rengginang. Dua pak kerupuk pun ditenteng dengan mengeluarkan kocek Rp 50.000.

Di stand terakhir, Rini tertarik dengan tikar yang terbuat dari mendong. Tikar itu pun dibelinya dengan harga Rp 250.000. Jika ditotal, pagi ini saja Rini sudah mengeluarkan isi dompetnya Rp 1,95 juta.

Lepas puas memborong produk UMKM, Rini pamer pada direksi-direksi Pertamina, seperti Syamsu Alam, Direktur Hulu dan Yenni Andayani, Direktur Energi Baru Terbarukan.

"Bagus kan? Untung tadi aku bawa duit. Kalau enggak bahaya," kata Rini.

Kunjungan Rini ke Kamojang, Garut adalah dalam rangka menghadiri Peresmian PLTP Kamojang 5 yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo. Di samping itu Rini juga mengunjungi pasar murah BUMN yang digelar di Garut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com