Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Keuangan Yunani Mundur dari Jabatannya

Kompas.com - 06/07/2015, 13:40 WIB

ATHENA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengumumkan pengunduran dirinya secara mendadak pada Senin (6/7/2015) di tengah penolakan masyarakat negara tersebut terhadap rencana dana talangan.

"Selanjutnya, setelah pengumuman hasil referendum, saya menjadi tersadar bahwa ada referensi tertentu dari partisipan Eurogroup (pertemuan menteri ekonomi negara-negara Eropa pengguna euro), serta berbagai macam partner dalam pertemuan tersebut," ujar Varoufakis, yang belakangan ini cukup rajin mengikuti diskusi dan debat dengan para debitor Yunani.

Varoufakis mengingatkan bahwa hasil referendum yang menunjukkan 60 persen penduduk menolak program dana talangan dan pengetatan anggaran oleh kreditor bakal harus dibayar mahal, seperti usaha mewujudkan hak-hak demokratis.

"Modal besar diberikan kepada pemerintah, dan modal itu harus segera diinvestasikan ke resolusi yang layak," ujarnya.

Menteri yang cukup vokal ini telah mengirim berbagai macam "guncangan" kepada Eurogroup sejak pengangkatannya sebagai Menteri Keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com