Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Lion Group Ajukan 142 "Extra Flight" Per Hari

Kompas.com - 07/07/2015, 13:32 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan yang tergabung dalam Lion Group, yakni Lion Air, Batik Air dan Wings Air telah mengajukan total 142 extra flight atau penerbangan tambahan per hari kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menghadapi lonjakan penumpang yang akan terjadi sejak H-7.

"Pada prinsipnya kami telah siap dalam menghadapi lebaran 2015 dan kami juga telah mengajukan extra flights untuk Batik, Lion dan Wings Air," ujar Presiden Direktur (Presdir) Lion Group Edward Sirait dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Dia menjelaskan, tambahan 142 extra flight tersebut terbagi pada ketiga maskapai yang tergabung dalam Lion Grup yaitu Lion Air, Batik Air dan Wings Air. Porsi terbesar extra flight tersebut kata dia ada pada Lion Air.

Maskapai berlogo singa itu mengajukan extra flights untuk 85 rute tambahan setiap harinya terhitung dari tangga 10 Juli - 2 Agustus 2015. Dengan adanya 85 penerbangan tambahan setiap harinya atau total 2.040 penerbangan, Lion Air bisa mengangkut kurang lebih 408.000 penumpang dalam periode tersebut.

Selanjutnya Batik Air telah mengajukan extra flights untuk 24 rute tambahan setiap harinya terhitung dari tangga 10 July - 2 Agustus 2015. Dengan adanya 24 penerbangan tambahan setiap harinya atau total 576 flights, Batik Air bisa mengangkut kurang lebih 103.680 penumpang dalam periode tersebut.

Sementara itu, Wings Air telah mengajukan extra flights untuk 33 rute tambahan setiap harinya terhitung dari tangga 10 July - 2 Agustus 2015. Dengan adanya 33 penerbangan tambahan setiap harinya atau total 792 flights, Batik Air bisa mengangkut kurang lebih 57.024 penumpang dalam periode tersebut.

Meski telah mengajukan extra flight, Edward bilang bahwa Lion Grup akan melihat terlebih dahulu permintaan dari konsumen saat mudik Lebaran 2015. Apabila permintaannya tinggi, maka Lion Grup akan menggunakan extra flight tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com