Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Tanjung Priok, Ketua DPR Tanya Tempat Jokowi Marah-marah

Kompas.com - 07/07/2015, 16:34 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto bersama pimpinan Komisi V meninjau Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (7/7/2015). Rombongan tiba di Terminal Penumpang Tanjung Priok sekitar pukul 14.30 WIB.

Dalam kunjungannya itu, Setya Novanto menyempatkan diri untuk mengecek langsung ruang Pusat Penanganan Perizinan Impor Ekspor Terpadu (P3IET) yang beberapa waktu lalu di sidak oleh Presiden Jokowi.

Setya pun melontarkan beberapa pernyataan kepada Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Bay Muhammad Hasani yang mendampinginya. "Dimana presiden marah-marah kemarin?," tanya Setya saat meninjau ruang P3IET di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok.

Bay, yang tepat berada di samping Satya langsung menunjukan tempat dimana Presiden Jokowi marah karena waktu inap barang (dwell time) Pelabuhan Tanjung Priok masih 5,5 hari. Rupanya, tempat yang dimaksud yaitu suatu sudut ruangan yang dipenuhi dengan beberapa layar yang monitor aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Satya kemudian menghampiri tempat tersebut. Ruang monitoring P3IET. Sambil melihat kearah monitor, dia kembali bertanya. "Sejak presiden marah-marah sudah ada perubahan belum?" kata dia.

Bay pun menjawab setelah Presiden Jokowi meninjau P3IET, sudah terjadi perubahan terkait dwell time di Pelabuhan Tanjung Priok. Dia juga sempat menjelaskan bahwa permasalahan dwell time terdiri dari tiga bagian yaitu pre customs clearance, custom clearance, dan post customs clearance.

Saat ini lanjut dia, bagian yang menyumbang waktu paling lama pada dwell time ada di bagian pre customs clearance yaitu bagian terkait pengeluaran izin dari 8 kementerian dan lembaga.

Usai mendengar penjelasan itu, Setya pun berujar bahwa DPR perlu mengagendakan rapat koordinasi untuk mengurai masalah yang melibatkan banyak kementerian dan lembaga itu.

"Yang penting Presiden kemari sudah ada peningkatan. Pre clearance harus dipercepat, dari 3 hari jadi 2 hari. Terimakasih ke Presiden sudah kemari," ucap Setya.

baca juga: Diprotes Keras, Imbauan Jonan soal Diskon Tarif Penyeberangan Saat Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com