Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Bansos akan Dialihkan untuk Subsidi Bunga KUR

Kompas.com - 08/07/2015, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana mengalihkan penggunaan sebagian alokasi dana bantuan sosial ke subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, langkah ini dilakukan karena bantuan sosial yang sudah dialokasikan di sejumlah kementerian banyak yang tidak memberikan manfaat dan jelas hasil penggunaannya.

Sofjan memperkirakan, total dana bansos tersebut mencapai Rp 30 triliun. "Rp 30 triliun itu jumlah besar, kalau digunakan untuk subsidi KUR bisa dibayangkan, bisa untuk berapa KUR," katanya di Komplek Istana Negara Rabu (8/7/2015).

Pemerintah pada tahun 2015 ini mengalokasikan dana bantuan sosial sebesar Rp 124 triliun. Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial mengatakan, dana bantuan tersebut tersebar di 12 kementerian.

Kementerian tersebut antara lain Kementerian Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan sebesar Rp 59,8 triliun dan Kementerian Sosial sebesar Rp 17 triliun.

Khofifah mengatakan, agar pengalihan dana bantuan sosial nantinya tidak salah, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Bambang Brodjonegoro untuk melakukan pemilahan dana bantuan sosial yang akan dialihkan. (Agus Triyono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com